bb baris dan jauh berdasarkan volume

teman teman se perguruan, se INDONESIA, setanah air, sebangsa, se negara tapi ndak senasib (karna gw orang miskin whakakakakakakaka). pasti pada bete dong sama CQB yang bb nya ngawur dan acak2an waktu di burst, apalagi waktu main kena temen sendiri yang ada didepan kita whakakakakkaakkaak. nah ane mau berbagi pengalaman tadi malam, bongkar Dboy’s SO fuLL metall with MARKing Aminah whakakakakakaka, sebelumnya mari kita jalan-jalan ke matrial, trus godain mbak yang jaga whakkakakakakakakakak, kalo belom di gampar godain terus, tapi kalo dia udah niat gampar baru deh kita bilang “mbak mbak, ngomong2 ada braso sama seal tape ndak?” kalo dia bilang ga ada berarti dia boong whakakakakakakka masa matrial kgak ada gituan whkakakakkaka, kalo dia bilang ada kita pura2 ga bawa duit aja trus pindah ke matrial sebelah buat godain mbak mbak yang lain whakakakakakakka ( kok jadi cabul ya whakkkakakakkakaka), ok back to laptop…
siapkan kain, braso, kikir, amplas, tisue, rokok, minuman, kacang, biskuit, dan semua makanan whakakakakakakak
now let’s start……GO GO GO!!!

pertama2 mari kita ukur luas keseluruhan iner barel, panjang X lebar ( kalo ga salah ya, karna matematika gw ga pernah dapet nilai 4, pasti nilainya 2 di raport whakakakakakakakakak itu juga udah ber abad-abad yang lalu whakakakakakakakakak), jangan lupa luas chamber hop up dan nozle, karna itu harus di hitung juga, panjang iner barel CQB adalah 300mm ditambah 30mm ( yaitu hop up sampai nozle head cyl), jika sudah di dapat nilainya, lalu mari kita terapkan nilainya pada cylinder, jadi kesimpulannya, lubangi cylinder ente seperti ini.

codiel_tutorial_bb_baris1.jpg

kompresi yang di butuh kan hanya 3,3cm

codiel_tutorial_bb_baris2.jpg

selesai, jika itu sudah ente karjain maka ente akan mendapat kan bb lurus dan baris kayak kompeni waktu di burst wkakakakakaakakak.
selanjutnya mari kita bermain main dengan sealtape, awas!!!! jauhkan sealtape dari jangkauan anak anak ( karna seal tape gw HABIIIS di ulur ulur kayak benang kusut ma anak gw whakakakakakakakakakaa), sealtape head cyl, cabut o-ring dan balut head cyl dengan sealtape, buat o-ring di atas seal tape, jangan seal tape di atas o-ring, karna jika sealtape di atas o-ring maka akan ada kebocoran halus (kayak kentut gitu deh whakakakakakakakak).

codiel_tutorial_bb_baris3.jpg codiel_tutorial_bb_baris4.jpg

nah, demi menyempurnakan nozle head cyl yang daripada yang tidak di sempurnakan mari kita poles pake braso bagian nozle head cyl hingga seperti ini.

codiel_tutorial_bb_baris5.jpg

kalo udah cape, ayo kita rakit mainan kita, sebelumnya jangan lupakan shiming ulang.
hasilnya….. weleh weleeeeeeeeeeeeeeeeeeh, maknyusssss

codiel_tutorial_bb_baris6.jpg codiel_tutorial_bb_baris7.jpg

grouping nya….. walah walaaaaaaaaaah, sedep kalo kena burst

codiel_tutorial_bb_baris8.jpg

Untuk referensi :

codiel_tutorial_bb_baris9.jpg codiel_tutorial_bb_baris10.jpg

diatas adalah rincian volume, jika volume PAS, maka fps akan stabil dan bagus, di satu sisi anda akan mendapat kan BB baris waktu burst,

jika volume cyl lebih kecil dari volume iner barel, maka yang akan terjadi adalah sewaktu Piston menuju TMA (titik mati atas), sang bb belum sampai di ujung iner barel, otomatis bb akan turun lebih cepat.

jika volume cyl lebih besar dari volume iner barel, maka yang akan terjadi adalah ktika Piston belum mencapai TMA (titik mati atas), sang bb sudah di ujung iner barel, otomatis arah bb akan tidak terarah karena ada nya dorongan SISA angin kompresi.

btw, ukuran volume di atas, berbengaruh juga dengan per yang kita pasang, jika kita pakai per 90-120, maka perbandingan 1:1
jika kita pakai per 130-140, maka perbandingan adalah 1:1,10
jika kita pakai per 150-160, maka perbandingan adalah 1:1,15
jika kita pakai per 170, maka perbandingan adalah 1:1,25

ket:
1:1= volume barel dengan cyl harus sama.
1:1,10= volume cyl lebih besar dari volume iner barel.

knapa?… karena, semakin besar daya per, maka akan semakin menyempit volume cyl yang di akibat kan daya pegas per semakin cepat.

spek: Dboy’s boyi SO full metall with marking KNIGHT’S ARMAMENT CO:
part yang di ganti:
O-ring.
udah O-ring doang, yang lain standar dar dar dar dar dar.
yang di akalin:
cyl.
nozle.
head cyl.
udah itu aja.
yang kgak di apa2in:
per (standar)

Iklan

~ oleh codiel pada Februari 6, 2008.

12 Tanggapan to “bb baris dan jauh berdasarkan volume”

  1. kalo jg g36c g bisa di gituin nggak bro?

  2. Thank you bang Adi… memang betul, gunsmith terbaik itu adalah diri sendiri! thanks atas bagi bagi ilmunya meski bukan ilmu agama jugak, semoga nambah pahala dan Allah ridho! 😀

  3. Akhirnya bisa mampir ke sini 🙂
    om codil dah buka2 JG sig552 lum ? mau dong di review 🙂 apa punya saya di scarakan ke sana ?

  4. walau dah cape2 ngitung…kayaknya tetep ada faktor hoki ya bung Adi…
    karena ada X% loss kompresi akibat kebocoran2 yg emang ‘bawaan’ dr sono…
    pernah dpt AEG yg entah knapa dah pas banget rumusannya, jadi walaupun aeg standar, cuma shim n braso doang…dah baris berbaris bb-nya..

  5. sip gw simak dulu gan entar malem gw bongkar hehehehe

  6. bro kl boleh tanya gmn ya cara baca tabel yang ada panjang barel dan volume cylindernya?thx, ni dah g sabar mau coba

  7. Mbah , yang braso2an gearbox nya blom dimasukin, biar kumplit sekalian ilmu braso nya di tambahin Mbah….
    sama cimeng eh shimming nya tuuwww….. matur suwun ya Mbah

  8. mbah codiel itu ngitung rumusnya mustinya kan pake rumus volum tabung kan??? pake “phi” (22/7 ato 3,14) dong…..soalnya bentuk2nya kan tabung….pantesan matematik nilai 4 wakakakakakak

    bcanda…tapi sukses juga tuh, mungkin kalo pake rumus volum tabung dapet lebih akurat + mantep lagi mbah…btw makasih

    • iya situ betul kok mwkakakakakak, tapi sebener nya gak serepot dan seribet hitung2an gitu, cuma di ambil basic nya hitung2an. keep it simple aja ;),

      untuk apa cari jalan berbelok2 jika tujuan nya lebih singkat di tempuh dengan jalan lurus 😀

  9. bro codiel, sms saya dong, hp gw habis rusak, data ilang semua.
    masih inget gak..:) rian_idsr.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: